Dinamika Kelompok Kerja Dan Kerja Sama Tim

20:15:00

Dinamika Kelompok Kerja Dan Kerja Sama Tim


KELOMPOK, TIM DAN KERJA SAMA
                                          Karakteristik kelompok :
  1. Interaksi antarpribadi, dmana masing-masing saling mempengaruhi
  2. Struktur, yaitu berupa aturan maupun norma
  3. Tujuan yaitu motivasi baik yang bersifat individual maupun kelompok
  4. Persepsi kelompok yaitu perasaan sebagai satu entitas atau kesatuan yang tunggal
  5. Saling  ketergantungan


Kelompok formal
       Kelompok dalam organisasi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kelompok fornal dan  nonformal.
       Kelompok formal merupakan kelompok yang terbentuk dengan menggunakan kewenangan formal dalam organisasi
       Kelompk formal yang terdiri atas manajer dan karyawan yang supervisinya disebut kelaompok fungsional atau tim komando.


Permasalahan kelompok
       Konflik kepribadian
       Tugas pekerjaan yang tidak jelas
       Ketidaksiapan
       Kurang dalam kerja tim

Norma kelompok
       Mau mendengar, tidak bersikap defensif terhadap pemikiran dan kritik orang lain
       Hadir di ruang pertemuan 5 menit sebelumnya
       Hanya satu orang yang berbicara, yang lain mendengar, tidak semua berbicara dalam waktu yang sama, namuan berbicara secara bergantian
       Datang ke rapat dengan data dan fakta
       Tidak hanya menyampaikan masalah, namun juga alternatif solusi


Karakteristik kinerja  tim yang tinggi
  1. Tujuan yang jelas
  2. Pengarahan oleh tugas dan orientasi terhadap hasil kerja
  3. Anggota yang kompeten dan berkomitmen
  4. Iklim kolaboratif
  5. Standar yang tinggi
  6. Penghargaan dan dukungan pihak eksternal
  7. Kepemimpinan yang kaut dan berprinsip

Pembelajaran Organisasi
       Unsur-unsur utama yang perlu dipersiapkan dalam pembelajaran organisasi, antara lain :
  1. Mental models
  2. Personal mastery
  3. System thinking
  4. Shared vision
  5. Team learning

Kreativitas dan Inovasi
    Proses kreativitas dan inovasi

Proses inovasi dalam organisasi
       Penciptaan ide
       Penelitian awal
       Penetapan kelayakan
       Aplikasi akhir

Karakteristik organisasi inovatif
       Idea generator
       Information gatekeeper
       Product champion
       Project managers
       Innovation leader

Strategi perubahan
       Strategi pemaksaan
       Strategi persuasif
       Strategi pembagian kekuasaan

Resistensi
       Ketakutan menjadi pihak yang tidak mengetahui
       Kekacauan biasa
       Kehilangan kepercayaan diri
       Kehilangan kontrol
       Kesalahan pemilihan waktu
       Kelebihan beban pekerjaan
       Kehilangan muka
       Kesenjangan maksedu dan tujuan




0 komentar